Thursday, March 24, 2011

Keutamaan orang /guru yang memiliki sikap sabar

Sesunggunya kesenangan dan kesusahan yang kita alami adalah cobaan dari Allah swt. Bahkan kehidupan dunia ini semuanya adalah cobaan. Agar mendapatkan kebahagian dunia dan akhirat. Maka setiap muslim harus memahami hakekat kehidupan dunia ini mengambil bekal utama dalam menjalaninya, bekal tersebut adalah sikap sabar.
Allah swt sesungguhnya telah menyifatkan orang-orang yang sabar, dengan beberapa sifat. Menurut Al-Ghazali (1975:267) bahwa “Allah swt menyebutkan sabar dalam Al-Qur’an pada lebih tujuh puluh tempat, yang ditambahi keterangan tentang berbagai kebaikan dan derajat yang tinggi serta menjadikan kebaikan dan derajat ini sebagai buah dari sabar. Sebagaimana firman Allah swt dalam QS As-Sajdah ayat 24 :

Artinya :
“ dan Kami jadikan di antara mereka itu pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami ketika mereka sabar[1195]. dan adalah mereka meyakini ayat-ayat kami.” (depag RI, 2005 : 417).
Menurut Al-Ghazali (1975 : 267-269) bahwa keutamaan orang yang memiliki sikap sabar, yaitu :
  • Allah akan menjadikan derajat dan kebaikan sebagai hasil (buah) dari pada sabar. Sebagaimana firman Allah dalam QS. Al-A’raf ayat 137 : Artinya :Dan telah sempurnalah Perkataan Tuhanmu yang baik (sebagai janji) untuk Bani Israil disebabkan kesabaran mereka” (Depag RI, 2005 : 166).
  • Tidak ada suatu amal untuk taqarrub kepada Allah melainkan pahalanya diukur dan ditimbang dari kesabaran. Sebagaimana firman Allah dalam QS. Az-Zumar ayat 10 Artiny ”Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas” Ddepag RI, 2005 : 495).
  • Allah SWT menjanjikan bagi orang-orang yang sabar bahwa Allah bersama mereka. Sebagaimana firman Allah dalam QS al-Anfal ayat 46  Artinya “Bersabarlah sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar”. (Depag RI, 2005 : 183)
  • Allah swt menggantungkan pertolongan kepada sabar. Sebagaimana firman Allah dalam QS Ali-Imran ayat 125 : Artinya  “ Ya (cukup), jika kamu bersabar dan bersiap-siaga, dan mereka datang menyerang kamu dengan seketika itu juga, niscaya Allah menolong kamu dengan lima ribu Malaikat yang memakai tanda. (Depag RI, 2005 : 24)
  • Allah menghimpun berbagai perkara bagi orang-orang sabar, yang tidak pernah dihimpun bagi orang selain mereka. Sebagaimana firman Allah dalam QS Al-Baqarah ayat 157) Artinya“ Mereka Itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka Itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.
          Selain mendapatkan pahala yang banyak dari Allah SWT, bahwasannya dengan kesabaran  seorang guru, anak didik akan lebih tertarik kepada pendidik dan anak didik akan berhias dengan akhlaq yang terpuji, dan jauh dari perangai tercela. Adapun keutamaan guru yang memiliki sikap sabar menurut Fuad Bin Abdul Aziz Asy-syalhud 2005:33) yaitu:
  1. Kesabaran merupakan faktor kesuksesan yang kuat bagi seorang guru
  2. Seorang guru yang baik adalah yang dapat menyembunyikan amarah serta dapat mengendurkan urat saraf.
  3. Perlahan dan terus latihan, dapat membuat seorang guru kuat (sabar/tabah)