Wednesday, January 26, 2011

Pengelasan


Oleh: Nurul Hidayah
(Himpunan Mahasiswa Alhuda)
Prodi: Teknik Energi POLBAN

Pengelasan adalah cara penyambungan bagian-bagian kontruksi dari logam atau logam dengan logam yang disambungkan dibawah pengaruh panas.Bagian-bagian yang akan disambung ujung benda sama-sama dipanaskan hingga mencapai suhu pijar,yatu dekat titik cair benda itu,lalu disambung dengan cara ditekan atau pukulan,hingga sambungan menjadi satu dengan bagian kontruksi itu.
Alat dan bahan :
  1. kawat las atau elektroda,
  2. perangkat listrik
  3. benda kerja plat besi deang tebal ±15 mm.
  4. penutup
  5. sarung tangan
  6. penjepit
  7. meja las
  8. penjepit
Cara pengelasan
Dimana bahan yang akan kita las,pada tempat sambung itu dijadikan satu dalam keadan cair dengan penambahan bahan yang sama.yaitu:
kita menyiapkan bahan yang akan kita las. menyiapkan elektroda dan memasangkannya pada penjapit.elektroda tersebut,lalu dikontakkan pada besi yang beraliran listrik tinggi kebenda kerja,hingga timbulah busur cahaya dengan temperatur tinggi yang dapat menyebabkan ujung logam elektroda mencair,inilah yang langsung menjadi bahan tambahan dalam pengelasan.

Langkah kerja 1

  1. siapkan bahan yang akan dilas
  2. siapkan dan sambungkan perangkat listrik dengan benar
  3. taruh benda pada meja pengelasan4. ambil elektroda dan memasangkannya pada penjepit elektroda,dan mengontakannya hingga keluar busur cahaya
  4. tempelkan pada benda yang akan kita las
  5. dengan temperature tinggi, menyebabkan ujung elektroda mencair, terjadilah suatu gundukan atau kampuh..
  6. pengelasan dilakukan dengan menekan, pelan, dan jangan tergesa-gesa karena akan mengurangi hasil yang kita inginkan,akibat dari pembakaran yang tidak sempurna,hasilknya hanya sebagian-sebagian menempel.
  7. arah pergerakan las adalah kekanan dengan kemiringan ±60º dengan pegerakan kawat bolak-blik melingkar seperti mengaduk, jadi pembentukan kampuh oleh kawat las.
Langkah kerja 2

lakukan hal yang sama akan tetapi kali ini menyambung dua logam yang berbeda dengan cara pengelasan kampuh kedalam yaitu sama dengan cara satu bedannya sikap pembakaran segaris dengan kampuh las untuk tebal pekerjaan 4 mm lebih bersudut ± 60º. Tetesan bahan yang cair dari kawat harus dapat kita masukan kedaerah leburnya bahan digerakkan berputar. Jaga agar kawat yang menempel pada sambungan tegak pada bahan pekerjaan

Keselamatan diri
jangan lupa memakai jas lab ketika sedang melakukan pengerjaan.
memakai sepatu atau penutup kaki.
sebaiknya memakai sarung tangan,sebagai pelindung diri.
sebaiknya setiap selesai bekerja, alat-alat perkakas harus disimpan pada tempat
mesin las sudah dilengkapi dengan grounding
memakai penutup kepala.