Tuesday, January 25, 2011

Pemahaman Unsur-Unsur Kesejarahan Dalam Puisi

Oleh: Novi Rakhmawati
(Himpunan Mahasiswa Al-Huda)

A. Pengertian Unsur Kesejarahan Puisi

Unsur-unsur kesejarahan suatu puisi merupakan unsur-unsur yang bersangkutan atau melatarbelakangi lahirnya suatu puisi. Unsur-unsur tersebut dapat berupa peristiwa-peristiwa kesejarahan, kehidupan pengarang beserta segala pemikirannya, serta perkembangan dan pandangan suatu zaman terhadap karya sastra, termasuk didalamnya puisi.

Pemahaman unsur-unsur kesejarahan puisi sangatlah penting, terutama untuk mengetahui sejarah dibuatnya puisi tersebut.

Adapun cara memahami puisi dengan pedekatan pemahaman unsur-unsur kesejarahan suatu puisi disebut pendekatan historis.



B. Hubungan Antara Peristiwa Kesejarahan Dengan Gagasan Dalam Suatu Puisi

Salah satu jalan mengapresiasi puisi adalah dengan cara memahami peristiwa-peristiwa kesejarahan yang melatarbelakanginya. Hal ini dimaksudkan agar pengapresiasian puisi dapat lebih mendalam dan sesuai dengan gagasan atau maksud penulisan puisi tersebut oleh sang penulis.

Peristiwa kesejarahan dengan gagasan yang terdapat suatu puisi memiliki hubungan timbal balik. Dengan kata lain, puisi dapat mengambil gagasan atau pokok pikiran tentang masalah kehidupan suatu negara, suatu bangsa, dan masalah politik pada suatu masa tertentu. Sedangkan disisi lain, puisi mampu menggambarkan kembali peristiwa tersebut serta mampu mengabadikannya untuk masa kemudian.

Hubungan peristiwa kesejarahan dengan puisi tidak terbatas pada aspek makna yang dikandungnya saja, tetapi juga kata atau simbol-simbol yang digunakannya. Sebagai contoh kata-kata seperti kaum durna, jaket kuning, ganyang palu arit, para tirani, baru dapat dipahami bila kita menghubungkannya dengan peristiwa tahun 1966. Peristiwa kesejarahan disini terbatas pada masalah kenegaraan, kebangsaan, juga masalah sosial politik saja.

Terdapat langkah-langkah yang harus dilalui didalam memahami unsur kesejarahan puisi, diantaranya :

  1. Memahami tahun, tanggal, atau bulan pembuatan puisi
  2. Peristiwa apa yang terjadi pada tahun itu ?
  3. Memahami peranan penyair dalam tahun itu
  4. Membaca puisi secara keseluruhan
  5. Menghubungkan peristiwa kesejarahan tersebut dengan gagasan dalam puisi

Berikut ini contoh analisis hubungan kesejarahan dengan gagasan dalam suatu puisi.


Tiga anak kecil

Dalam langkah malu-malu

Datang ke Salemba

Sore itu



Ini dari kami bertiga

Pita hitam pada karangan bunga

Sebab kami ikut berduka

Bagi kakak yang ditembak mati

Siang tadi

(“Karangan Bunga” Taufik Ismail)



Puisi tersebut sulit dipahami jika hanya diteliti unsur interistiknya saya, jika kita melihat dari sisi historisnya, ternyata puisi tersebut ditulis sekitar tahun 1966, ketika terjadinya perjuangan orde baru yang mengusung Tritura atau tiga tuntutan rakyat. Pelopor masa orde baru ini adalah para mahasiswa UI yang berkampus di Salemba. Pada saat itu banyak pula korban dari pihak mahasiswa yang tertembak saat memperjuangkan Tritura tersebut.

Disini dapat kita lihat bahwa Taufik Islmail menulis Puisi “Karangan bunga” dengan mengambil gagasan dari peristiwa. Selain itu disisi lain puisi Taufik Ismail ini mengabadikan kejadian tersebut, sehingga kita dan generasi berikutnya dapat mengetahui tentang peristiwa tersebut.

Adapun hubungan kata-kata dan symbol-simbol yang digunakan Taufik Ismail terhadap peristiwa kesejarahan dapat kita lihat pada kata tiga anak kecil yang merupakan tiga tuntutan rakyat yang sedang diperjuangkan saat itu. Salemba merupakan markas mahasiswa UI. Lalu kata-kata waktu sore mengandung arti bahwa sore hari dapat juga menjadi lambang berakhirnya sesuatu, yaitu orde lama.



C. Hubungan Kehidupan Pengarang Dengan Gagasan Dalam Puisi

Puisi merupakan buah cipta dari para pengarangnya. Oleh karena itu akan terdapat hubungan yang sangat erat antara kehidupan seorang penyair dengan gagasan yang terkandung dalam puisi yang diciptakannya. Hal ini dimungkinkan karena apa yang dituangkan seorang penyair dalam sebuah puisi tentu saja telah melewati proses pemikiran, perasaan dan menyentuh nilai-nilai yang diyakininya sebagai seorang pribadi, sekalipun memang tidak semua puisi identik dengan kehidupan dan karakter penyairnya, karena puisi mampu mencangkup dan menggambarkan sesuatu yang sangat luas.

Mempelajari biografi seorang pengarang puisi berarti mengambil langkah untuk lebih memahami dan mengembangkan kemampuan mengapresiasi puisi-puisi pengarang tersebut.

Sebagai contoh, kita akan mengangkat seorang penyair bernama Chairil Anwar, untuk melihat hubungan kehidupannya dengan puisi-puisi yang diciptakannya.

Chairil tumbuh sebagai seorang sastrawan dimasa peralihan dari situasi sebagai bangsa terjajah menuju gairah kemerdekaan dari sebuah bangsa yag muda. Selain Chairil terasuh dalam sebuah komunitas Alisyahbana muda yang tangkas, tajam dan keras kepala, terutama dalam menyuarakan gairah muda dan menolak tradisi lama, maka jadilah Chairil sebagai seorang penyair yang meledak-ledak dengan gairah muda yang menceritakan sebuah bangsa yang muda dan meledak-ledak pula.

Dari biografinya, dapat diketahui pula bahwa Chairil tidak mau didikte oleh siapapun. Dengan gaya hidup yang perlenta dan urakan, serta affair-affairnya dengan berbagai wanita, pemikirannya yang tajam serta semangat belajarnya yang tinggi membuat semangat hidupnya yang meggebu-gebu Chairil pun dikenal sebagai seorang yang pesimistis.

Sekarang kita akan melihat hubungan biografi Chairil dengan puisinya yang berjudul “Aku”.



Kalau sampai waktuku

Kumau tak seorangpun kan merayu

Tidak juga kau



Tak perlu sedu sedan itu

Aku ini binatang jalang

Dari kumpulannya terbuang

Biar peluru menembus kulitku

Aku akan tetap meradang, menerjang



Luka dan bias kubawa berlari

Berlari

Hingga hilang pedih perih



Dan aku akan lebih tidak peduli

Aku mau hidup seribu tahun lagi

1943



Pada puisi tersebut Nampak sekali vitalitas seorang Chairil dalam menanggapi hidup. Individualisme sangat menonjol pada puisi aku. Pengakuan Chairil bahwa dirinya adalah binatang jalang dari kumpulannya terbuang adalah fakta teks yang sangat luar biasa untuk menampakkan individualisme. Dengan mengatakan bahwa dirinya binatang jalang, berarti Chairil ingin menyatakan kebebasannya, melepaskan segala warna yang berlaku pada manusia. Sebuah kesadaran yang menyala-nyala terhadap eksistensi dirinya. Sedagkan dalam kalimat biar peluru menembus kulitku/aku akan tetap meradang menerjang, menunjukkan sikap yang sangat tak acuh terhadap segala hal. Selain itu pada akhir puisi terdapat kata-kata aku mau hidup seribu tahun lagi, kata-kata ini sangat menampakkan betapa Chairil sangat cinta pada kehidupan, sehingga ia menginginkan eksistensinya melebihi takdir karena meyebutkan angka yang sangat mustahil untuk ukuran manusia.

Sedangkan sifat Chairil yang sangat pesimistis dapat dilihat pada baris-baris puisinya yang lain yaitu; karunia bahagia, kecil setumpuk, sia-sia dipupuk. Demikian juga pada puisi berjudul derai-derai cemara, terdapat kata-kata:



Hidup hanya menunggu kekalahan

Tambah terasing dari cinta sekolah rendah

Dan tahun, ada yang tetap tidak diucapkan

Sebelum akhirnya kita menyerah



Dari analisis diatas, maka dapat disimpulkan bahwa unsur indvidualisme, sikap tak acuhnya, semangat dan kecintaannya akan hidup serta sikap fesimistis ikut mewarnai puisi-puisi ciptaannya.



D. Hubungan Penciptaan Puisi Dengan Pandangan Tentang Kesastraan Pada Suatu Zaman

Pandangan kesastraan pada suatu zaman, sangat mempengaruhi ide, gagasan dalam penciptaan suatu puisi. Hal ini dapat dilihat dari adanya penamaan angkatan-angkatan seperti pujangga baru, angkatan 66 angkatan 70 an, dimana setiap angkatan memiliki puisi dengan ciri-ciri dan karakter tertentu, sebagai reaksi dari pandangan kesastraan saat puisi-puisi tersebut dibuat.

Sebagai contoh angkatan pujangga baru, memiliki dua kelompok yang memandang kesastraan dari sudut yang berbeda, yaitu :

  1. Kelompok “seni untuk seni” yang dimotori oleh Sanusi Pane dan Tengku Amir Hamzah
  2. Kelompok “seni untuk pembangunan masyarakat” yang dimotori Sultan Takdir Alisyahbana, Armijn Pane dan Rustam Effendi

Dari pandangan seni angkatan pujangga baru ini, maka tidak heran jika puisi-puisinya memiliki ciri klealis, romantik, impresionistik, berbentuk sonata dengan pola persajakan yang mendekati pantun. Perhatikanlah salah satu bait puisi Air Hamzah, yang berjudul “Berdiri Aku”



Angin pulang menyejuk bumi

Menepuk teluk mengempas emas

Lari kegunung memuncak sunyi

Berayun-ayun diatas talas



Adapun sastrawan angkatan memiliki konsep seni yang diberi judul “Surat Kepercayaan Gelanggang”. Konsep ini menyatakan bahwa para sastrawan agkatan ingin bebas berkarya sesuai alam kemerdekaan dan hati nurani. Hal inilah yang menyebabkan puisi-puisi angkatan 45 lebih bersifat ekspresionik, heroik, dan tidak lagi menggunakan bentuk sonata, maupun pola persajakan yang mendekati pantun. Contoh puisi Sitor Situmorang, berikut ini;



Lebaran

Bulan diatas kuburan



Contoh lain pada puisi Asrul Sani yang berjudul “Anak Laut” yang berisi,



Anak Laut

Sekali ia pergi tiada bertopi

Kepantai landasan matahari

Dan bermimpi tengah hari

Akan negeri di jauhan

Pasir dan air sekan

Bercampur awan tiada menutup

Mata dan hatinya rindu

Melihat laut terbentang biru

Sekali aku pergi

Dengan perahu

Kenegeri kejauhan

Dan menyanyi

Kekasih hati

Lagi merindukan

Daku”

Tenggelam matahari

Ufuk sona tiada nyata

Bayang-bayang bergerak perlahan

Aku kembali kepadanya”

Sekali ia pergi tiada bertopi kepantai landasan matahari

Dan bermimpi tengah hari

Akan negeri dijauhan

1948



Dari contoh diatas dapat kita lihat bahwa, angkatan 45 lebih senang menggunakan bentuk bebas, sesuai ekspresi yang diinginkan tanpa terikat pola persajakan seperti angkatan pujangga baru.

Berdasarkan uraian diatas, dapat kita simpulkan bahwa pandangan kesastraan suatu zaman akan memberkan kontribusi penting terhadap penciptaan suatu puisi.