Wednesday, January 19, 2011

Pendidikan Di Era Globalisasi

Oleh: Defi Fahrur Rozi
(Staff Pengajar MA.Al-Huda)
Pendidikan di era globalisasi sangat terpengaruh oleh arus informasi yang cepat melalui berbagai sarana sebagai hasil perkembangan kemajuan dan teknologi, ternyata sangat besar pengaruhnya pada kehidupan manusia, kejadian dilingkungan suatu bangsa dengan cepat dapat diketahui dan dapat berpengaruh terhadap bangsa dan Negara yang lain. Kejadian itu, antara lain berupa perubahan, perkembangan dan kegagalan baik berupa dampak positif dan negatifnya akan sangat cepat dirasakan oleh manusia diseluruh pelosok bumi. Kondisi seperti itulah yang disebut globalisasi.

Gejala globalisasi dalam berbagai bidang kehidupan itu, menunjukan bahwa tiada lagi suatu kaum atau bangsa dan Negara yang dapat hidup mengisolasi diri dari kaum atau bangsa, dan Negara lain. Manusia di dunia menjadi suatu masyarakat besar yang hidup dalam satu lingkungan yang akan mewarnai atau kewarnai kehidupan material dan spritualnya, kondisi seperti ini disatu pihak patut membuat umat Islam di dunia merasa resah karena tampak kecenderungan kehidupan anak-anak didalam bidang pendidikan pada jaman globalisasi sekarang ini, pendidikan diperlukan apalagi yang ditunjang dengan bidang keagamaan seperti tersirat dalam Q.S Luqman 12-18

Dampak yang sangat menonjol dalam bidang pendidikan di era globalisasi yang tidak diwarnai dengan nilai-nilai keagamaan dimana banyak media massa yang mendidik akhlak anak dari segi-segi yang negatif hingga tidak ada anak yang terjerumus kepada kehancuran.